1. Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philein dan sophos. Perpaduan
kata tersebut mengandung arti
A. Cinta ilmu pengetahuan
B. Teman dari kebijakan
C. Kumpulan orang bijaksana
D. Pemikiran yang selalu menginginkan kebijakan
2. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia
merupakan
A. Keyakinan yang memiliki kebenaran
B. Sikap mental, tingkah laku, dan amal
C. Penunjuk, penuntun, dan pegangan sikap
D. Pandangan hidup
3. Pancasila dikatakan sebagai suatu system filsafat bila
A. sila-sila Pancasila itu harus kita lihat sebagai satu rangkaian kesatuan
B. harus kita pahami sebagai totalitas
C. susunan dan bentuknya hirearkhis piramidal
D. Semua jawaban benar
4. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, menurut Prof. Notonagoro dapat
dibagi menjadi
A. Nilai materiil
B. Nilai vital
C. Nilai kerohanian
D. Semua jawaban benar
5. Menurut Prof. Notonagoro, apa yang dimaksud dengan nilai vital
A. Segala sesuatu yang benar-benar penting bagi manusia
B. segala sesuatu yang berguna bagi manusia
untuk dapat mengadakan kegiatan dan aktivitas
C. Segala sesuatu yang dapat menyebabkan hal yang genting bila tidak terpenuhi
D. Semua jawaban benar
6. Berkenaan dengan Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia, maka terdapat
beberapa teori di Negara lain yang dapat menjelaskan perbedaan yang mencolok
terhadap ideologi suatu Negara. Falsafah Negara-negara Eropa Barat dan Amerika
cenderung menganut paham individualistic yang dikemukakan oleh
A. Thomas Hobbes
B. Marx
C. Spinoza
D. Semua jawaban salah
7. Secara etimologi, ideologi berasal dari bahasa Yunani idein yang berarti
A. melihat
B. Ide
C. Ajaran
D. Ideal
8. Sedangkan logia berarti
A. melihat
B. Ide
C. Ajaran
D. Ideal
9. Secara harfiah, ideologi diartikan
A. llmu tentang idea
B. llmu tentang cita-cita
C. llmu tentang gagasan atau buah pikiran
D. Semua jawaban benar
10. Secara ilmiah popular, Pancasila dapat dikaji, sebab syarat-syarat ilmiah
teksnya dimiliki oleh Pancasila, sebagaimana tercantum di bawah ini, kecuali
A. Objek
B. Metode
C. System
D. Empirisme
11. Manfaat filsafat Pancasila bagi setiap bidang kehidupan bangsa dan Negara
Indonesia adalah
A. Memperdalam pengetahuan dan pengertian Pancasila sebagai dasar Negara,
pandangan hidup bangsa, dan ideologi Negara
B. Menangkal budaya asing yang masuk ke Indonesia, baik secara langsung maupun
melalui perantaar teknologi
C. Perwujudan dan pelaksanaan setiap warga Negara dalam bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
D. Sebagai pandangan hidup bangsa dan
Negara Indonesia oerta akan menjiwai setiap warga negaranya
12. Pada tahun 1365, Empu Prapanca menulis nagara Kertagama yang menyebutkan
istilah Pancasila, dan Empu Tantular menulis kitab yang menggambarkan kejayaan
Majapahit, yaitu
A. Bhinneka Tunggal Ika
B. Kertaningbumi
C. Sutasoma
D. Tan Hana Dharma Mangrua
13. Sidang BPUPKI pertama mengkaji tentang dasar Negara yang akan dijadikan
landasan pada saat Indonesia merdeka. Pada saat itu Ir. Soekarno mengusulkan
Pancasila dengan urutan
A. Nasionalisme, Ketuhanan Yang Maha Esa, Perikemanusiaan, Kebangsaan
Indonesia, Mufakat, dan Kesejahteraan Sosial
B. Internasionalisme, Nasionalisme, Mufakat, Demokrasi, dan Ketuhanan.
C. Nasionalisme, Internasionalisme,
Mufakat, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Berkebudayaan
D. Kesejahteraan Sosial, Internasionalisme, Nasionalisme, Perikemanusiaan, dan
Ketuhanan
14. Pembahasan dasar Negara dikaji pada dua badan, yaitu BPUPKI dan PPKI.
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indinesia dibentuk pada
A. 7 Agustus 1945
B. 1 Juni 1945
C. 10 Juli 1945
D. 18 Agustus 1945
15. Pancasila sebagai dasar Negara digali dan nilai-nilai budaya dan agama
bangsa Indonesia. Dengan demikian Pancasila memenuhi syarat empat kausalitas
sebagaimana tercanturn di bawah ini, kecuali
A. Prima
B. Materialis
C. Formalis
D. Efisien
16. Sebelum secara resmi disahkan pada tahun 1945 sebagai dasar filsafat
Negara, unsur-unsur Pancasila telah dimiliki dan telah melekat pada bangsa
Indonesia sebagai asas dalam adapt istiadat, kebudayaan, dan leligius yang
terakumulasi pada
A. Ma Lima
B. Bhinneka Tunggal Ika
C. Triprakara
D. Gotong royong
17. Pancasila sebagai way of life dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara. Dalam konteks ini Pancasila memiliki makna sebagai
A. Kristalisasi nilai
B. Pedoman hidup
C. Karakteristik bangsa
D. Kepribadian bangsa
18. Pembukaan DUD 1945 alinea IV mencantumkan dasar Negara yang tersusun secara
hierarkis dan pyramidal. Hal ini merupakan
A. Sumber kebudayaan bangsa
B. Filter bagi masuknya budaya asing
C. Ciri dan karakteristik bangsa
D. Petunjuk pelaksana peraturan
19. Hubungan kausal - organis antara Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan Batang
Tubuh UUD 1945 terkandung empat hubungan seperti di bawah ini, kecuali
A. Ditetapkannya dasar Negara Pancasila
B. Negara Indonesia ialah berbentuk Republik
C. Kedaulatan negara berada di tangan rakyat
D. Keberadaaan UUD lebih tinggi dari
Pancasila
20. Pancasila pernah ditetapkan sebagai satu-satunya asas dalam berbagai bentuk
organisasi, baik massa maupun parpol. Saat ini Pancasila telah dikembalikan
fungsinya, yaitu
A. Tetap sebagai satu-satunya asas
B. Cita-cita organisasi massa dan politik
C. Sebagai dasar Negara
D. Sebagai pandangan hidup bangsa
21. Setiap produk hukum yang dihasilkan di Negara Indonesia tidak boleh
bertentangan dengan Pancasila. Pancasila sebagai sumber dan segala sumber hukum
tercantum pada
A. TAP MPR NO. V/MPR/1973
B. TAP MPR NO. ll/MPR/1978
C. TAP MPR NO. I V/MPR/1978
D. TAP MPRS NO. XX/MPRS/1966
22. Perwujudan kesadaran manusia sebagai mahluk berakal budi yang menunjukkan
harkat dan martabatnya dan dengan tingkat kesadaran inilah maka harkat martabat
manusia tetap luhur atau sebaliknya. Perwujudah kesadaran tersebut adalah
berbentuk
A. Konsep hidup
B. Akal sehat
C. Norma
D. Nilai
23. Dalam paham filsafat Pancasila harkat dan martabat manusia ditentukan oleh
perilaku dan moral manusia itu sendiri, yakni
A. Sikap kesungguhan manusia dalam memperjuangkcin sesuatu yang menurutnya
baik dan benar
B. Perilaku yang senantiasa merujuk pada setiap situasi yang sedang dihadapi
C. Sikap kerpibadian manusia yang baik,
benar, semangat dan tercermin pada mental dan batin pelaku
D. Sikap manusia yang bersumber pada kebutuhan hidup sehari-hari
24. Pokok-pokok pikiran yang tercantum dalam Pembukaan DUD 1945 dapat
dikategorisasikan ke dalam empat pokok. Pokok pikiran kedua adalah bahwa
A. Negara nendak mewujudkan keadilan soslal
bagi seluruh rakyat Indonesia
B. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah
Indonesia
C. Negara berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan
permusyawaratan/perwakilan
D. Negara berdasar atas ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang
adil dan beradab
25. Sumber Jertib hukum yang dianut di dalam Negara Republik Indonesia adalah
sebagaimana tercantum di bawah ini, kecuali
A. UUDS
B. Proklamasi
C. UUD
D. Dekrit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar